Jelang Lebaran, Toko Ini Sudah Jual 500 Kilogram Coklat

Cokelat My Beauty yang diproduksi oleh Pelaku UKMM Kota Bekasi di Pondok Gede. Foto: Istimewa/GoBekasi

Cokelat My Beauty yang diproduksi oleh Pelaku UKMM Kota Bekasi di Pondok Gede. Foto: Istimewa/GoBekasi

MENJELANG Lebaran, usaha produksi coklat membuahkan harapan. Betapa tidak, dua pekan menjelang lebaran, pesanan produksi coklat, salah satu UMKM di Kota Bekasi sudah mampu menjual 500 kilogram coklat.

Pelaku UMKM coklat yang mempunyai toko My Beauty, di Jatibening, Pondok Gede, Ayu Kristiani, mengaku, penjualan yang meningkat selama bulan Ramadan menjelang datangnya hari Raya Idul Fitri ini sudah berlangsung dari tahun ketahun.

“Pesanan saya bisa sampai satu ton. Karena itu, saya pun harus menyediakan tenaga ekstra untuk menangani pesanan tersebut. Saya dibantu beberapa karyawan saya, harus kerja sampai malam buta, supaya semua pesanan cokelat bisa terpenuhi,” paparnya, Jumat (9/6/2017).

Rata-rata, kata Ayu, costumer yang datang melakukan pemsanan adalah reseller, atau pelanggan yang untuk diperjual belikan kembali. Namun, ada juga pelanggan yang datang memesan untuk dijadaikan sebagai oleh-oleh mudik lebaran.

Ayu menjelaskan, kalau coklat My Beauty yang ia produksi bukanlah coklat berkarakter, seperti coklat-coklat yang tengah trend saat ini.

Baca Juga: Ketua RT di Bekasi Nekat Pungut Pungli Warganya Sendiri sampai Rp 5 Juta

“Saya tidak bermain di karakter, tapi bertahan di kualitas rasa. Alhamdulillah pelanggan saya pun tahu kualitas coklat saya,” katanya.

Kualitas rasa ia pertahankan dengan memilih bahan dasar coklat yang bagus, tidak terlalu manis dan tidak menempel di langit-langit mulut atau di lidah.

“Tidak terlalu manis, ada pahit-pahitnya sedikit tapi samar, selain itu kalau digigit juga tidak menempel, langsung renyah. Bahan coklat ini yang bagus, walaupun harganya juga lebih mahal,” bebernya.

Ia mengatakan, sejak tiga tahun lalu, brand My Beauty sudah menjadi binaan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bekasi. Produksi cokelat My Beauty, lanjut dia, terdiri dari berbagai olahan cokelat mulai dari brownies, cokelat batang, minuman cokelat, dan permen cokelat.

Ide variasi olahan cokelat ini, sambung Ayu, baru dimunculkan sejak tahun 2014 silam, dan terus berkembang sampai saat ini.

“Kalau untuk kelebihan olahan cokelat My Beauty, produk cokelat saya ini memiliki daya tarik dari bungkus atau packaging. Ciri khas Bekasi dengan batik 9 pakemnya menjadi ciri khas dari bungkus cokelat olahan saya,” tutupnya (dyt/gob)



loading...

Feeds

Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UNJ bertemu dengan Menkopolhukam Wiranto, Rabu (16/8/2017). (Foto: Ist)

IKA UNJ Audiensi dengan Menkopolhukam

IKATAN Keluarga Alumni Universitas Negeri Jakarta (IKA UNJ) bertemu Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Wiranto yang dipimpin Juli Ardiantoro, …