PPDB Online Harus Bebas Intervensi

(Ilustrasi) ejumlah orang tua siswa tengah tegang menunggu hasil akhir PPDB Online di SMPN 1 Bekasi, Selasa (30/6). (Foto: Giri/GoBekasi.co.id)

(Ilustrasi) ejumlah orang tua siswa tengah tegang menunggu hasil akhir PPDB Online di SMPN 1 Bekasi, Selasa (30/6). (Foto: Giri/GoBekasi.co.id)

PELAKSANAAN Penerimaan Peserta Didik Baru Online (PPDB Online) tahun 2017 ini diharapkan bebas dari intervensi para politisi dan pihak-pihak berkepentingan di tingkat eksekutif.

Akademisi Unisma Bekasi, Adi Susila mengatakan, spirit PPDB Online melihat bagaimana kemampuan siswa dengan sistem yang lebih maju. Karena itu sudah bukan zamannya lagi ada model titip menitip siswa lewat sistem yang sudah transparan itu.

“Ya nggak boleh kalau ada kaya begitu, intervensi. Justru kalau online itu supaya semua diperlakukan sama mengacu pada standar yang sudah dipatok,” ujarnya.

Menurutnya, untuk jalur afirmasi memang sulit untuk diawasi. Oleh karena itu, harus ada keterbukaan dari pihak terkait dalam pelaksanaannya.

“Mestinya dibuka sama seperti yang jalur umum. Open (terbuka), semua orang bisa melihat (alasannya apa masuk karena prestasi atau tidak mampu),” tambahnya.

Mengenai informasi yang berkembang bahwa pada tahun 2016 ada oknum tertentu yang mengintervensi, ia meminta supaya hal itu tidak terulang. Bahkan, pelakunya harus diberi sanksi tegas untuk memberi efek jera.

“Harus ada pengawas yang memantau proses ini, seperti ada kotak pengaduan. Jadi, ketika masyarakat melihat ada kejanggalan bisa menyampaikan di kotak itu,” sambungnya.

Namun demikian, jika memang yang dilakukan adalah untuk konsituen yang memang memiliki persyaratan yang sesuai, menurutnya tidak menjadi persoalan.

Ia pun menambahkan, di lain sisi orang tua dan anak pun tidak perlu memaksakan diri untuk masuk di sekolah negeri jika memang persyaratan yang ada tidak sesuai.

“Kalau menurut saya sih iya, nggak harus ke negeri, swasta juga sekarang relatif lah. Jadi nggak usah dipaksa,” tutupnya.

(ne0/pj/gob)



loading...

Feeds

(Ilustrasi) Truk sampah milik DKI Jakarta yang rusak dilempar batu. (Foto: Ist)

Lagi, Truk Sampah DKI Dihujani Batu

UNTUK kesekian kalinya, truk sampah DKI Jakarta kembali diserang kelompok misterius di Jalan Raya Narogong. Namun pelemparan kaca truk sampah …