Kolak Pisang Menu Primadona Saat Ramadan, Begini Cara Mudah Membuatnya

Kolak pisang ala Hotel Aston Marina (DERY RIDWANSYAH/JAWA POS)

Kolak pisang ala Hotel Aston Marina (DERY RIDWANSYAH/JAWA POS)

SETIAP kali bulan puasa, kolak pisang selalu menjadi juara bagi para ibu rumah tangga. Selain mudah dan cepat dalam proses pembuatannya, kolak pisang merupakan menu takjil paling murah. Biasanya untuk satu porsi, hanya memerlukan biaya Rp 20 ribu.

Sejumlah kreasi juga seringkali dihidangkan dengan pelengkap lainnya seperti kolang-kaling atau ubi. Kolak pisang sangat tepat untuk menu berbuka puasa setelah minum air putih dan menyantap tiga buah kurma. Dengan begitu, energi akan kembali pulih.

Namun, tak semua kolak bisa memiliki cita rasa yang enak. Dari mulai jajanan kelas kaki lima, hingga ala chef hotel, tentu berbeda rasanya. Seperti resep yang ditawarkan Chef Hotel Aston Marina, Abubakar ini.

Abubakar mengungkapkan, rahasia mengapa setiap kolak pisang memiliki rasa yang berbeda. Rahasianya ada di santan dan pisang tanduk yang digunakan.

“Sebetulnya setiap kolak sama saja, yang membedakan itu di santan. Semakin kental santan, semakin enak. Dan pisang tanduk yang digunakan sebaiknya pilih yang tua, sehingga pisangnya manis,” kata Abubakar kepada JawaPos.com.

 

Bahan-bahan:

1.     Pisang tanduk 1 buah atau 300 gram

2.     Santan kelapa 150 ml

3.     Gula Jawa 200 gram

4.     Daun pandan satu helai

5.     Air secukupnya

 

Cara memasak :

Tuang air ke dalam panci kemudian masak sampai mendidih. Setelah itu masukkan pisang yang sudah dikupas dan dipotong-potong sesuai selera.

Lantas, tambahkan juga gula Jawa yang sudah dipotong-potong. Untuk lebih sedap dan wangi, tambahkan daun pandan. Tunggu sampai mendidih.

Kemudian masukkan santan. Akan lebih baik jika memasaknya dengan api kecil agar santan tidak pecah. Aduk dan kolak pisang siap disajikan. (cr1/JPG/gob)



loading...

Feeds