Tips dari Ahli Gizi, Gaya Hidup Selama Ramadan

Ilustrasi. (Foto: idolanews.com)

Ilustrasi. (Foto: idolanews.com)

NOUR Zibdeh, seorang ahli gizi dan koki spesialis yang menetap di Virginia, AS. Ia seorang muslim dan tentunya saat ini, ia juga menjalankan ibadah puasa. Nah, belum lama ini, Zibdeh membagikan kegiatannya serta makanan yang wajib dikonsumsi selama Ramadhan.

Sahur dengan makanan kaya protein

Zibdeh selalu mengutamakan protein dalam menu sahurnya. Tak heran jika telur selalu menjadi santapannya saat sahur. Selain itu, ia juga memakan bayam dan tomat sebagai sayurnya. Untuk mendapatkan lemak, ia menambahkan susu atau keju dalam menu sahurnya. Dan yang paling penting ialah jangan memakan makanan asin-asin aagar tidak cepat haus.

Tidur siang

Di bulan Ramadhan, sahur dan tarawih menjadi rutinitas tambahan. Sehingga waktu tidur Anda pun akan berkurang. Karena itu Zibdeh selalu mencuri waktu untuk napping alias tidur siang sebentar.

Jalan-jalan sore

kebanyakan olahraga, malah bikin dehidrasi saat puasa. Namun, olahraga tetap harus dilakukan. Zibdeh memilih untuk jalan-jalan sore sebelum berbuka. Anda juga bisa jalan kaki sambil saja ngabuburit.

Berbuka dengan air putih dan kurma

Kurma menjadi pilihan yang baik untuk berbuka. Kandungan manisnya dapat menggantikan energi Anda selama puasa. Perbanyak juga minum air. Ingat, air putih. Bukan minuman berwarna atau minuman dengan pemanis buatan.

Makanan utama yang seimbang

Setelah Magrib, Zibdeh baru makan besar. Tidak ada yang spesial, cukup perhatikan porsinya karena setelah berpuasa, perut kita belum siap untuk menerima makanan yang begitu banyak, apalagi habis makan Anda harus Tarawih juga.

(ra/pojoksatu/gob)



loading...

Feeds