Harga Kebutuhan Pokok Perlahan Naik

PERMINTAAN MENINGKAT: Pedagang sembako di Pasar Tambun sedang merapikan dagangannya. Jelang Ramadan, permintaan kebutuhan pokok diprediksi bakal meningkat tajam.RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

PERMINTAAN MENINGKAT: Pedagang sembako di Pasar Tambun sedang merapikan dagangannya. Jelang Ramadan, permintaan kebutuhan pokok diprediksi bakal meningkat tajam.RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

MEMASUKI bulan suci Ramadan, harga kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional Kabupaten Bekasi, perlahan merangkak naik.

Kasi Tekpas Pasar Tambun, Ujo menjelaskan, kenaikan beberapa harga bahan pokok tersebut akibat pasokan yang berkurang ke pasar tradisional, sedangkan permintaan cenderung stabil dan meningkat, sehingga menyebabkan harga komoditas tersebut naik.

Namun kenaikan saat ini belum signifikan. Harga bahan pokok di Pasar Tambun, dinilai masih terkendali.

“Sejauh ini, harga masih stabil, nanti kalau udah pertengahan baru keliatan mana aja yang melonjak naik,” ujar Ujo kepada Radar Bekasi (Group GoBekasi).

Beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga yakni telur ayam ras dari Rp17 ribu menjadi Rp20 ribu per kilogram, daging ayam potong Rp27 ribu menjadi Rp30 ribu perkilogram, sedangkan komoditas lain seperti beras, gula pasir, dan minyak goreng relatif stabil.

“Kenaikan harga sejumlah bahan pokok tersebut relatif wajar. Kami akan terus melakukan pemantauan terhadap harga kebutuhan pokok dan mengantisipasi adanya penimbunan bahan pokok,” tambahnya.

Hal senada diungkapkan, Kasubag TU Pasar Tambun, Edy Mulyadi. Dirinya mengaku pemantauan harga terus dilakukan sehingga lonjakan harga bisa terkontrol. ”Pada prinsipnya stabil, tidak ada kenaikan signifikan. Untuk menghadapi bulan Ramadan saya cek harga setiap hari,”terangnya.

Sementara itu, pantauan dari pasar lama Cikarang, Kecamatan Cikarang Utara, dari salah satu toko tercatat, harga beras biasa Rp10 ribu per kilogram, beras Mentik Rp11 ribu perkilogram, dan beras IR 64 Rp9 ribu perkilogram.

Harga gula pasir stabil di kisaran Rp12.500 per kilogram, minyak goreng curah Rp11.200 per kilogram. Daging sapi juga stabil Rp110 ribu perkilogram, daging ayam ras naik dari Rp28 ribu menjadi Rp31ribu per kilogram, daging ayam kampung Rp50ribu menjadi Rp55 ribu per ekor.

Pemilik Toko, Handoko (52) mengakui bahwa untuk harga bahan pokok masih dalam status aman. Mungkin, kata dia, pekan depan bisa terlihat mana saja kebutuhan pokok yang akan naik di bulan Ramadan ini.

Sejauh ini untuk komoditas bumbu dapur seperti bawang merah turun dari Rp28.300 menjadi Rp26.300 perkilogram, bawang putih turun dari Rp43.000 menjadi Rp39.000 per kilogram, dan cabai rawit turun dari Rp48.300 menjadi Rp46.000 per kilogram.

Salah seorang pedagang sayuran Robet (43) mengatakan, untuk harga bumbu masakan yang tahun lalu mengalami lonjakan harga, kini malah turun. “Sejauh ini, bumbu masakan belum naik. Tahun lalu, malah ini yang naik nya gila-gilaan,” tandasnya. (dan/pj/gob)



loading...

Feeds