Wanita Cantik Ini Calon Sekjen PSSI Lho…

Ratu Tisha Destria

Ratu Tisha Destria

JABATAN sekretaris jenderal (Sekjen) PSSI bakal terisi. Pasalnya, dari total 32 orang yang mendaftar untuk menjabat sebagai posisi tersebut, kini sudah mengerucut menjadi lima orang saja.

Jumlah tersebut sepertinya akan terus berkurang seiring dengan sejumlah proses sedang diikuti oleh para kandidat Sekjen itu.

Ya, lima kandidat yang masih tersisa tersebut, adalah Ratu Tisha Destria, T Alvin Papatria, Rudolf Paulus Yesayas, Alief Syachviar, dan Norman Tri Aprianto. Nah, dari lima kandidat yang tersisa tersebut, Ratu Tisha Destria sepertinya lebih berpeluang untuk menduduki posisi yang ditinggalkan oleh Ade Wellington itu.

Pasalnya, dari semua syarat yang menjadi standar untuk menjadi sekjen tersebut, Tisha mampu memenuhinya. Gadis berusia 32 tahun itu memang memiliki pengalaman luas di dunia sepak bola, baik di bidang internasional maupun nasional. Salah satunya, dia lulusan FIFA Master Graduate bidang International Master in Sports Humanities di Inggris pada 2014 lalu.

Pergaulan internasional yang sangat tinggi itu, membuat Tisha memiliki kemampuan penguasaan bahasa asing cukup bagus. Ada lima bahasa asing yang dikuasai oleh Tisha. Mulai dari bahasa inggris dan Jerman secara fasih. Sementara tiga lainnya, Jepang, Prancis dan Italia dalam level medium.

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi mengatakan bahwa, syarat utama untuk menjadi sekjen PSSI tersebut, adalah bsa berkomunikasi dengan sejumlah steak holder sepak bola tanah air dan luar negeri. “Selain itu, lanjut Edy, mereka minimal harus menguasai dua bahasa asing,” tegas Rahmayadi.

Baca juga: Gagal Nyalip Tronton, Pengendara Tiger Jatuh dan Terlindas di Cikarang Barat

Di sisi lain, Ratu Tisha Destria tidak mau berlebihan posisinya sebagai salah satu kandidat yang diunggulkan untuk menjadi sekjend tersebut. “Saya siap saja kalau akirnya dipercayakan untuk jabatan itu. Tapi, untuk memperbaiki sepak bola tanah air, tidak bisa hanya dibebankan kepada satu arau dua orang semata,” kata Tisha.

Artinya, lanjut dia, semua elemen dan komponen harus bisa bekerja sama dan saling bersinergi untuk memperbaiki kondisi sepak bola tanah air yang sedang berada di titik paling bawah tersebut.

“Niat saya untuk terjun dalam dunia sepak bola hanya satu, sepak bola negeri kita harus lebih baik lagi. Dan, harapan saya, semua elemen harus bisa mendukungnya,” papar dia.

Tisha juga menambahkan, dia juga merasa tertantang untuk bisa mengemban jabatan baru tersebut. Apalagi, FIFA (Federasi Sepak Bola Internasional) sendiri juga memiliki sekjen seorang wanita, Fatma Samba Diouf Samoura. “Fatma adalah teman saya. Kami pernah sama sama ikut program FIFA Master,” tegasnya.

Memang, untuk medapatkan posisi sekjen tersebut tidak begitu muda. Sebab, selain syarat administrasi, ada juga syarat lain yang harus mereka lalui. Mulai dari tes medis sampai dengan tes and proper test. “Rencananya besok (hari ini, Red) semua kandidat harus menjalani uji kompetensi,” kata Ashari Joni, Kepala Departemen Personalia PSSI. (JPG/ps/gob)



loading...

Feeds