Waterway CBL Bakal Terintegrasi Tol Cibitung dan Terminal

Ilustrasi jalur air. (Foto: Vicksburg District - Army)

Ilustrasi jalur air. (Foto: Vicksburg District - Army)

KEPALA Bidang Prasarana Wilayah pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bekasi, E Y Taufik, mengatakan perlu pelebaran penampang basah kanal CBL agar bisa dilalui kapal pengangkut peti kemas. Untuk lebar bawah 55 meter dan kedalaman hingga -4,5 mLWS.

Kata Taufik, CBL inland waterways nantinya akan dilengkapi dengan terminal peti kemas yang terkoneksi dengan akses antara terminal CBL dengan Jalan Tol Cilincing-Cibitung (JTCC).

Baca juga: Polisi Jepang ke Bekasi, Tinjau 2 Hal Ini

Pemanfaatan CBL sebagai inland waterways, kata dia, tidak untuk mengubah tujuan utamanya sebagai saluran banjir (floodway) yang menampung aliran air dari lima sungai yaitu, Sungai Cikarang, Sadang, Jambe, Pasir, dan Bekasi Hilir.

“Kanal CBL melindungi Kota Bekasi dan kawasan hunian di hilir CBL yang semakin padat,” katanya.

Kanal CBL memiliki panjang 30 meter, mulai dari muara sampai dengan Bendung Cikarang dengan luas daerah tangkapan air 656,84 hektar. Kemampuan tampung banjir ulangan 100 tahun atau Q100 sesuai rencana sebesar 1.490 meter kubik perdetik.

Baca juga: Kapolres Minta Laga Persija Vs Persib Jangan Berlangsung di Kota Bekasi

“Akibat sedimentasi dan penyempitan badan sungai, saat ini hanya 482 meter kubik perdetik,” ungkapnya.

(dho/pj/gob)



loading...

Feeds

TAK TERURUS: Kondisi Pasar Bantargebang Kota Bekasi. Tidak adanya perhatian dari Dinas Perekonomian Rakyat (Dispera) Kota Bekasi, membuat kondisi Pasar Bantargebang terlihat kumuh. (Foto: Dokumentasi/Radar Bekasi)

Inflasi Diperkirakan Terjadi Bulan Juni

EKONOM SKHA Institute for Global Competitiveness Eric Alexander Sugandi memprediksi puncak tekanan inflasi terjadi Juni mendatang. Eric menuturkan, akan terjadi efek simultan …
sesepuh-tokoh-sunda-meninggal-jawa-barat-berduka_m_133306

Jawa Barat Kehilangan Putra Terbaiknya

Indonesia kembali kehilangan putra terbaiknya. Sabtu malam (27/5), sesepuh Tokoh Sunda, Aboeng Koesman Somawidjaja meninggal dunia. Mantan Wakil Gubernur Jawa …