Pemadam Kebakaran Bekasi Kekurangan Pasukan dan Armada

Ilustrasi. (Foto: Dokumentasi GoBekasi)

Ilustrasi. (Foto: Dokumentasi GoBekasi)

KOTA Bekasi ternyata memiliki 10 armada pemadam kebakaran, namun hanya 3 mobil yang siap diturunkan jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bekasi, Aceng Sholahudin, menjelaskan, alasan pemerintah Kota Bekasi saat ini hanya memiliki 3 armada siaga.

“Unit armada mobil kebakaran yang kita miliki ada sekitar 16 unit. Tapi untuk 5 unitnya sedang kita ajukan untuk penghapusan karena sudah benar-benar tidak bisa dipakai,” ucapnya, Rabu, (17/5/2017).

“Berarti tinggal 10 unit. Ada satu mobil yang sudah tidak sehat atau layak operasi, sisanya ada 9 unit. Nah, dari 9 unit itu hanya ada 3 unit yang mampu beroperasi, sisanya 6 unit itu mobilnya mogok dan harus diperbaiki,” sambungnya.

Aceng juga menjelaskan terkait personil petugas pemadam kebakaran yang ada di Disdamkar Kota Bekasi baru memiliki sekitar 150 personil. Padahal idealnya, sekitar 250 lebih personil pemadam untuk penanggulangan bencana.

Baca juga: Kapolres Minta Laga Persija Vs Persib Jangan Berlangsung di Kota Bekasi
Aceng melanjutkan, seharusnya di tiap-tiap kecamatan disiapkan armada penanggulangan kebakaran untuk bersiaga setiap harinya.

“2 unit mobil damkar dan 2 regu armada dengan jumlah masing-masing 10 orang. Jadi, total personilnya sendiri kurang lebih harus ada 254 orang untuk stand by di pos-pos yang ada di tiap kecamatan,” jelasnya.

Selain itu, pos sektor Damkar yang sesuai dengan Rencana Strategis seharusnya ada di seluruh 12 kecamatan. Namun saat ini, Kota bekasi baru memiliki dua pos sektor yang berada di Kecamatan Mustikajaya dan Jatisampurna.

Baca juga: Tawuran di Stasiun Bekasi, Driver Ojek Online Sebut Pelaku Sering Bikin Onar

“Tapi Alhamdulillah, kita mendapatkan bantuan hibah CSR dari perumahan HDP yang akan membangunkan pos sektor Damkar beserta perlengkapan alat-alat Damkar yang akan dibangun di Kecamatan Medan Satria. Jadi nanti kita akan punya tiga pos sektor. Meskipun idealnya pos sektor itu harus ada di seluruh kecamatan,” tandas dia. (kub/gob)



loading...

Feeds

Pentas seni di SMAN 12 Bekasi, Minggu (17/12/2017). (Foto: Ist)

Pensi SMAN 12 Bekasi Meriah

SMP Negeri 12 Kota Bekasi menyuguhkan kegiatan Fun Walk dan Pensi, kegiatan bertemakan asah-kreativitas ini merupakan bentuk apresiasi pihak sekolah …