KPUD Kota Bekasi Minta Semua Parpol Terima Peraturan

Ketua KPUD Kota Bekasi, Ucu Asmarasandi. Foto: Istimewa/GoBekasi

Ketua KPUD Kota Bekasi, Ucu Asmarasandi. Foto: Istimewa/GoBekasi

KETUA Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Bekasi, Ucu Asmarasandi mengatakan, saat ini Peraturan KPU atau PKPU masih dalam tahap penyempurnaan.

Bila rampung, KPUD Kota Bekasi berharap agar nantinya seluruh partai politik (parpol) yang berkecimpung di Kota Bekasi dapat menerimnya dalam tahap pemilihan kepada daerah (Pilkada) 2018.

“Saya berharap aturan tersebut dapat diterima seluruh partai, terutama bagi calon kandidat yang ikut dalam kontestasi di Pilkada 2018 nanti,” kata dia, Kamis (18/5/2017) kepada GoBekasi.co.id.

Baca Juga: Pilkada 2018, Ketua DPW Jabar Ancam Pecat Kader Pembangkang

Ucu melanjutkan, soalnya sinkronisasi yang terdapat pada PKPU tersebut juga merujuk pada aturan Pilkada 2017 serentak.

“Dikodivikasikan dengan undang-undang baru, dari Pilkada 2017 yang hasilnya nanti untuk diterapkan di Pilkada 2018 besok,” ujar Ucu.

Salah satu penyesuian, kata dia, yang akan dilakukan salah satunya adalah jadwal pelaksanaan pencoblosan. Jika pada Pilkada 2017 berlangsung Februari, untuk Pilkada 2018 pelaksanaannya akan terjadi sekitar alkhir Juni 2018.

Menurutnya Ucu dengan adanya penyusaian tersebut pelaksanaan pesta demokrasi diprediksi tidak mengalami masalah di luar teknis. Sebab, isi aturan PKPU menyempurnakan teknis pelaksanaan pada Pilkada 2017.

Baca Juga: Gerindra dan PKS Mesra, Pepen Bilang Begini

“Kami anggap PKPU itu kitabnya penyelenggaraan Pilkada, kalau kita merujuk pada PKPU insya allah pelaksanaannya sendiri berlangsung lancer,” tandas dia.

Adapun aturan teknis PKPU tersebut terdapat delapan poin, diantaranya pemutakhiran data pemilih, kampanye, dana kampanye, pencalonan, dan logistik. Kemudian pemungutan dan penghitungan suara, rekapitulasi penghitungan suara, dan penetapan pasangan calon (paslon) terpilih. (kub/gob)



loading...

Feeds