Pepen Evaluasi Kinerja PNS Dinas Pendidikan

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi. Foto: GoBekasi

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi. Foto: GoBekasi

WALI Kota Bekasi, Rahmat Effendi menyoal kinerja Dinas Pendidikan (Disdik) yang hingga triwulan kedua tahun anggaran 2017 belum melaksanakan kegiatan belanja modal.

Menurut Rahmat, mestinya pihak Disdik telah melaksanakan sejumlah kegiatan, lantaran pemerintah daerah telah mengalokasi anggaran guna mendukung usulan program kegiatan Disdik sejak tahun lalu.

Apabila, belanja barang belum juga dilaksanakan maka besar kemungkinan berdampak terhadap kegiatan di sekolah.

“Ketidak siapan dalam merencanakan, ketidak cermatan, membuati keterlambatan dalam melaksanakan sejumlah kegiatan (belanja modal,red). Karena, uangnya sudah ada, APBD nya pun sudah ada,” sindir Rahmat Effendi di Kantor Pemkot Bekasi, Selasa (16/5/2017).

Akibat persoalan tersebut, Rahmat berencana mengevaluasi kinerja terhadap seluruh aparaturnya. Apabila diketahui aparatur Disdik yang tidak cakap mengemban tanggung jawab, maka akan dikenakan sanksi sesuai Pakta Integritas yang telah ditanda tangani oleh seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot Bekasi.

“Kita akan mengevaluasi kontrak kinerjanya,” ujar Pepen sapaan akrab Rahmat Effendi.

Sementara, Pemerhati Kebijakan dan Pelayanan Publik Bekasi, Didit Susilo menyatakan, bahwa sebagian besar aparatur Disdik belum memiliki kesiapan yang matang dalam melaksanakan seluruh program kegiatan khususnya belanja modal. Hal itu terlihat dari belum terealisasinya kegiatan yang di canangkan.

“Seharusnya sudah terealisasi. Kalau bisa berjalannya tahun anggaran mestinya sudah selesai,” ungkapnya.

Keterlambatan pelaksanaan kegiatan belanja modal, disinyalir karena sejumlah pejabat Disdik yang ingin memonopoli kegiatan, dengan cara menggiring salah satu perusahaan yang menjadi pihak rekanan pejabat Disdik.

“Anggaran Disdik kan diketahui cukup besar. Dan kegiatan belanja modalnya juga sangat banyak sekali. Karena itu tidak tertutup kemungkinan para pejabatnya ingin membawa pihak rekanannya masing-masing,” tandas Didit.

Sementara itu, ketika ingin dimintai tanggapannya, Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Inayatulah ketika dihubungi melalui sambungan telepon tidak merespon. Begitu juga dengan Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Disdik, Uu Saeful Mikdar.

(sar/pj/gob)



loading...

Feeds