Pernyataan Panglima TNI Terkait Pembubaran HTI

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. Foto: dok/JPNN.com

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. Foto: dok/JPNN.com

PEMERINTAH segera menempuh jalur hukum untuk membubarkan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Rencananya, pemerintah akan mendaftarkan gugatan ke pengadilan untuk membubarkan organisasi kemasyarakatan (ormas) pengusung khilafah itu.

Sebagaimana pernyataan Menkopolhukam Wiranto, pemerintah menganggap HTI tak berkontribusi positif bagi NKRI dan Pancasila. TNI pun berpendirian serupa.

“Sudah ditegaskan oleh Menkopolhukam, itu berarti mewakili TNI,” ujar Panglima TNI Jenderal Gator Nurmantyo di kompleks Istana Negara, Kamis (12/5).

Gatot juga menepis sebuah kajian pada 2010 yang menyebut HTI eksis karena dukungan militer. “Bohong semuanya,” pungkas Gatot.

Sebelumnya Wiranto menyatakan, pemerintah akan membubarkan HTI. Menurutnya, HTI tidak berperan positif untuk mengambil bagian dalam proses pembangunan guna mencapai tujuan nasional.

Selain itu, kegiatan HTI terindikasi kuat telah bertentangan dengan tujuan asas dan ciri yang berdasarkan Pancasila dan UUD NKRI 1945 sebagaimana diatur dalam UU Nomor 17 Tahun 2013 tentang Ormas.(fat/jpnn/gob)



loading...

Feeds

TAK TERURUS: Kondisi Pasar Bantargebang Kota Bekasi. Tidak adanya perhatian dari Dinas Perekonomian Rakyat (Dispera) Kota Bekasi, membuat kondisi Pasar Bantargebang terlihat kumuh. (Foto: Dokumentasi/Radar Bekasi)

Inflasi Diperkirakan Terjadi Bulan Juni

EKONOM SKHA Institute for Global Competitiveness Eric Alexander Sugandi memprediksi puncak tekanan inflasi terjadi Juni mendatang. Eric menuturkan, akan terjadi efek simultan …
sesepuh-tokoh-sunda-meninggal-jawa-barat-berduka_m_133306

Jawa Barat Kehilangan Putra Terbaiknya

Indonesia kembali kehilangan putra terbaiknya. Sabtu malam (27/5), sesepuh Tokoh Sunda, Aboeng Koesman Somawidjaja meninggal dunia. Mantan Wakil Gubernur Jawa …