Ketua DPRD Kota Bekasi Minta KPK Kawal Anggaran Tahun Jamak

Ketua DPRD Kota Bekasi, Tumai. (Foto: cr24/gobekasi.co.id)

Ketua DPRD Kota Bekasi, Tumai. (Foto: cr24/gobekasi.co.id)

KETUA DPRD Kota Bekasi, Tumai, meminta agar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ikut mengawal anggaran tahun jamak (multiyers), agar tidak terjadi penyelewengan anggaran. Sebab, 2018 menjadi tahun politik Kota Bekasi.

Tumai mengatakan, DPRD Kota Bekasi sendiri sudah memberikan dua rekomendasi sebelum menyepakati usulan rencana program dengan anggaran tahun jamak.

Dalam usulan pembangunan tahun jamak, pemerintah harus memenuhi rekomendasi yang disepakati pada rapat paripurna, Senin 10 April 2017, belum lama ini.

“Kami mendukung rencana pembangunan tahun jamak asalkan memenuhi rekomendasi tersebut,” kata Tumai, Rabu (10/5/2017) kepada GoBekasi.co.id

Tumai membeberkan, ada 15 program pembangunan yang menelan anggaran hingga Rp1 triliun. Itu diusulkan langsung oleh pemerintah Kota Bekasi pada tanggal 11 Maret 2017 lalu.

Karena itu, menurut dia, pemerintah Kota Bekasi harus memasukkan rencana pembangunan tahun jamak dalam Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS).

Selain itu, lanjut Tumai, pemerintah Kota Bekasi juga harus bersedia didampingi KPK, kejaksaan negeri, serta auditor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dalam pelaksanaan program pembangunan. Dengan demikian, pembangunan tidak rawan bancakan.

“Tujuan anggaran tahun jamak baik, tapi tetap saja ada celah korupsi yang bisa dimanfaatkan. Pemerintah harus bersedia didampingi agar tidak terjadi seperti yang kita khawatirkan,” tandas Tumai.

Program pembangunan tahun jamak sendiri semestinya sudah dimulai Juli 2017. Kendati sampai saat ini seluruh pengerjaan masih dalam proses lelang. (kub/gob)



loading...

Feeds

Deddy-Mizwar-ke-PDIP

Deddy Mizwar Merapat ke PDIP?

KETUA DPW PKS Jabar sekaligus Bakal Calon Wakil Gubernur Jabar, Ahmad Syaikhu menanggapi enteng kehadiran Bakal Calon Gubernur Jabar, Deddy …
Petani Desa Sukakarya. (Foto: Ist)

Malangnya Petani di Sukakarya

SEJUMLAH lahan pertanian di desa Sukalaksana kecamatan Sukakarya, saat ini sudah memasuki musim panen padi. Sebagian warga pun disibukan dengan …