Peningkatan Sektor Pariwisata, Pemerintah Daerah Didorong Permudah Proses Administrasi

Munculnya pulau baru di tengah zona dangkalan Laut Muara Gembong memang menghebohkan warga Bekasi maupun luar Bekasi. Itu yang menjadikan pulau ini mengundang rasa penasaran orang-orang, Minggu (1/3/2016). (Foto: Andi Saddam/GoBekasi)

Munculnya pulau baru di tengah zona dangkalan Laut Muara Gembong memang menghebohkan warga Bekasi maupun luar Bekasi. Itu yang menjadikan pulau ini mengundang rasa penasaran orang-orang, Minggu (1/3/2016). (Foto: Andi Saddam/GoBekasi)

DEPUTI bidang pengembangan destinasi dan Industri pariwisata di Kementrian Pariwisata Dadang Rizki Ratman, mengaku baru menemukan konsep yang diterapkan oleh Hotel Ibis Cikarang.

Menurut Dadang, konsep seperti ini juga harus diterapkan oleh para investor. Di sisi lain, pemerintah pusat sendiri menargetkan pariwisata di Indonesia sendiri dapat mencakup 20 juta turis dari mancanegara di tahun 2019.

“Itu Presiden Joko Widodo langsung yang menargetkan angka 20 juta, dan sekarang ditahun 2016 ini terakhir kita baru bisa mencakup angka 10 juta,” beber dia.

Meski begitu, Dadang optimis pihaknya dapat mengejar angka turis yang sudah ditargetkan oleh pemerintah pusat. Untuk itu, ia meminta agar 5 pemangku kepentigan dapat bersinergi dengan baik.

“Pemerintah pusat, provinsi, daerah seperti wali kota dan bupati dan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) nya harus dapat bersinergi dengan baik. kalau itu bisa terlaksana saya yakin angka 20 juta itu bisa tercapai,” papar dia.

Pemerintah daerah sendiri diharapkan tidak mempersulit proses administrasi pembangunan pariwisata yang sudah digencarkan oleh para pelaku usaha itu sendiri.

Dadang melanjutkan, selain itu strategi untuk menembus angka 20 juta turis yang datang di Indonesia juga tidak melepaskan strategi penataan destinasi, aksebilitas, aminitas, dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) melalui sertivikasi dan usaha serta pemimpin yang bagus.

“Strategi penataan dan destinasi ada tiga yang harus disiapkan dari berbasis alam, budaya dan buatan. Tahun 2016, wisatawan yang menyukai budaya sebanyak 36 persen, alam 60 persen, dan buatan hanya 5 persen,” kata dia.

Untuk aksebilitas sendiri pemerintah daerah bisa dapat membantu meratakan jalanan agar terlihat bagus dan indah sehingga turis dari mancanegara dapat merasakannya.

Saat ini tercatat turis mancanegara lebih mendominasi transportasi udara terhitung sebanyak 70 persen, sedangkan untuk jalur laut hanya 20 persen.

“Turis lebih senang naik transportasi yang memang dekat dengan Bandara seperti di Ngurah Rai Bali. Dari angka 100 persen, turis yang datang mencapai 50 persen lebih dan yang ke Jakarta hanya 30 persen sementara 30 persen pisah,” terang dia.

Prasarana umum seperti aliran listrik dan pengolahan limbah yang optimalpun sangat diminati. Kabupaten Bekasi sendiri, sebut Dadang, masih perlu ditata dan aminitasnya sendiri harus dilengkapi.

“Kalau kita mau banyak dikunjungi wisatawan, seluruh produk harus standar global. Melayani turis harus standar global dari management dari management internasional,” kata dia.

Peningkatan kapasitas SDM melalui sertifikasi dan usaha juga sangat dibutuhkan. Semua pihak terkait harus dapat mengayomi dan menjaganya.

Tutur Dadang, geat laeders pemimpin yang baik dari CEO. Bupati atau Wali Kota bisa disebut sebagai CEO. Semua administrasi dipermudah.

“Perpajakan juga harus dipermudah contohnya di Jakarta pajak hanya 10 persen. Dan seharusnya di daerah termasuk Bekasi ini harus lebih murah, karena dengan mahalnya pajak yang ada banyak pengusaha yang beralih ke DKI Jakarta,” tandas dia. (kub/gob)



loading...

Feeds

TAK TERURUS: Kondisi Pasar Bantargebang Kota Bekasi. Tidak adanya perhatian dari Dinas Perekonomian Rakyat (Dispera) Kota Bekasi, membuat kondisi Pasar Bantargebang terlihat kumuh. (Foto: Dokumentasi/Radar Bekasi)

Inflasi Diperkirakan Terjadi Bulan Juni

EKONOM SKHA Institute for Global Competitiveness Eric Alexander Sugandi memprediksi puncak tekanan inflasi terjadi Juni mendatang. Eric menuturkan, akan terjadi efek simultan …
sesepuh-tokoh-sunda-meninggal-jawa-barat-berduka_m_133306

Jawa Barat Kehilangan Putra Terbaiknya

Indonesia kembali kehilangan putra terbaiknya. Sabtu malam (27/5), sesepuh Tokoh Sunda, Aboeng Koesman Somawidjaja meninggal dunia. Mantan Wakil Gubernur Jawa …