Sampah Menumpuk 6000 Meter Kubik, Camat Minta Alat Berat Pengeruk

Peninjauan lokasi sampah di wilayah RT 004 dan RT 005 RW 002, Kelurahan Jatiwaringin Kecamatan Pondokgede mencapai 6000 meter kubik. Foto: cr28/GoBekasi

Peninjauan lokasi sampah di wilayah RT 004 dan RT 005 RW 002, Kelurahan Jatiwaringin Kecamatan Pondokgede mencapai 6000 meter kubik. Foto: cr28/GoBekasi

PENUMPUKKAN sampah di wilayah RT 004 dan RT 005 RW 002, Kelurahan Jatiwaringin Kecamatan Pondokgede mencapai 6000 meter kubik. Menindak lanjuti hal ini, Camat Pondokgede Mardani meminta didatangkan alat berat pengeruk sampah.

“Kalau diangkat manual dengan pacul tidak kuat, dan harus menggunakan alat berat. Kami juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Bangunan dan Pemukiman atau Dinas PUPR untuk mendatangkan alat berat, dan alhamdulillah sudah disanggupin paling tidak tinggal menunggu waktu saja sekitar sepekan dari sekarang,” kata Mardani, Selasa (2/5/2017).

Penumpukan sampah di Pondokgede ini diakuinya sudah berlangsung selama puluhan tahun. Tetapi karena keterbatasan alat, maka belum bisa dibresihkan maksimal.

Mardani mengungkapkan, pihaknya sudah mencoba mendatangkan alat berat ke lokasi untuk mengangkat dan memindahkan sampah tersebut ke Tempat Pembuangan Sampah Akhir.

“Selanjutnya kami akan meratakan dengan tanah yang masih sawah dipinggirnya sekitar 100 meter,” katanya.

Dia mengakui adanya kesulitan akses masuk alat berat karena jalan yang sempit. Sementara ini, pengerukan tetap dilakukan dengan pengangkutan sampah seadanya.

Rencananya, pasca pengangkutan sampah sebanyak 6000 meter kubik itu akan difungsikan sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH). Selain itu, pihak kecamatan akan menutup kawasan tersebut dari warga yang kembali membuang sampah.

Disamping itu, Mardani juga mengklaim tidak ada keluhan warga soal bau sampah yang tidak sedap. Tetapi warga hanya meminta agar persoalan sampah segera diatasi dan dibuang jauh dari pemukiman.

“UPTD Kebersihan terkadang agak kesulitan untuk mengangkutnya. Paling dia hanya mengangkat sekemampuan dia saja lalu sebagian dengan membakarnya,” tandasnya. (cr28/gob)



loading...

Feeds

PERMINTAAN MENINGKAT: Pedagang sembako di Pasar Tambun sedang merapikan dagangannya. Jelang Ramadan, permintaan kebutuhan pokok diprediksi bakal meningkat tajam.RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

Harga Kebutuhan Pokok Perlahan Naik

MEMASUKI bulan suci Ramadan, harga kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional Kabupaten Bekasi, perlahan merangkak naik. Kasi Tekpas Pasar Tambun, …
timthumb (2)

Alhamdulillah, Besok Mulai Puasa

PEMERINTAH memastikan awal Ramadan tahun ini jatuh pada Sabtu (27/5/2017). Keputusan itu diumumkan setelah sebelumnya dilakukan sidang isbat di Aula …