Puncak Arus Balik Hari Ini, 126 Ribu Kendaraan Melintasi Bekasi

(Ilustrasi) Gerbang Tol Cikarang Utama, Cikarang Barat Kabupaten Bekasi. Foto: Dokumentasi/GoBekasi

(Ilustrasi) Gerbang Tol Cikarang Utama, Cikarang Barat Kabupaten Bekasi. Foto: Dokumentasi/GoBekasi

PT Jasa Marga memprediksi puncak arus balik pasca weekend terjadi hari ini, diperkirakan 126 kendaraan  melintasi Bekasi hari ini menuju ke Jakarta.

Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama (exit) arah Jakarta dan GT Ciawi (arah Jakata) dengan total volume lalu lintas mencapai 126 ribu kendaraan.  Puncak volume lalu lintas yang akan menuju ke Jakarta melalui Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama di Ruas Tol Jakarta-Cikampek diprediksi terjadi pada hari ini, Senin, (01/05/2017), dengan proyeksi kenaikan volume lalin sebesar 25,6% dari lalu lintas normal.

“Pada kondisi normal, volume lalu lintas yang melintasi Gerbang Tol Cikarang Utama menyentuh angka 75 ribu kendaraan, untuk arus balik kali ini, kami memperkirakan volume kendaraan yang melintasi GT tersebut meningkat hingga 94 ribu kendaraan, ” ujar Dwimawan Heru, AVP Corporate Communication Jasa Marga, sore ini.

Gerbang tol lain yang diproyeksi mengalami peningkatan yaitu pada GT Ciawi di Jalan Tol Jagorawi. Pada kondisi normal volume lalin mencapai sekitar 27 ribu kendaraan, sedangkan puncak lalin yang menuju Jakarta melalui GT Ciawi diproyeksi akan mencapai 32 ribu kendaraan atau melonjak 16% dari lalin normal.

Guna mengantisipasi hal ini, pihak PT Jasa Marga lakukan upaya menambah jumalh petugas jemput transaksi di gerbang tol padat. Selain itu mempersiapkan kebutuhan uang kembalian dan Kartu Tanda Masuk Elektronik (KTME) yang cukup. Mengoperasikan gardu reversible, optimalisasi kapasitas GTO, pembayaran tol elektronik multibank (e-Toll) serta mempersiapkan tenaga pendukung seperti Petugas Piket dan Teknisi Peralatan Tol yang terjadwal untuk mengantisipasi kerusakan atau tidak berfungsinya peralatan tol.

Selain itu, rekayasa lalu lintas dilakukan dengan cara penempata petugas untuk mengatur lalu lintas di simpul kemacetan.

“Kita lakukan Rekayasa Lalu Lintas bekerja sama dengan kepolisian untuk mengatasi kepadatan simpang susun seperti Dawuan, buka/tutup Rest Ares di ruas tol Jakarta-Cikampek dan serangkaian rekayasa lalu lintas di GT Cikarang Utama ketika menghadapi kepadatan,” kata Heru. (kub/gob)



loading...

Feeds

Prosesi pemakaman Bripda Taufan di TPU Jatiranggon, Jatisampurna, Kamis (25/5/2017). (Foto: Ist)

Sosok Bripda Taufan Dikenal Ramah

PEMAKAMAN Bripda Taufan Tsunami (23), berjalan dengan hikmat di tempat pemakaman umum (TPU) Pondok Rangon, Kecamatan Jatisampurna, Kamis (25/5/2017) siang ini. …