May Day, Ini 3 Tuntutan Utama Kaum Buruh

Ilustrasi. (Foto: Dokumentasi GoBekasi)

Ilustrasi. (Foto: Dokumentasi GoBekasi)

RIBUAN buruh dari Bekasi Raya hari ini merapat ke Jakarta untuk bergabung dengan buruh dari daerah lain di Indonesia, menyampaikan aspirasi mereka pada momentum Hari Buruh Internasional 2017 atau May Day, Senin (1/5/2017).

Puluhan ribu buruh tersebut membawa sejumlah tuntutan yang sama, dengan singkatan masing-masing HOS, JA dan TUM. HOS sendiri berarti hapus outsourcing dan pemagangan.

Sementara JA adalah jaminan sosial dengan rincian jaminan kesehatan gratis seluruh rakyat tanpa iuran, revisi PP Nomor 45 Tahun 2015 tentang Jaminan Pensiun. Buruh meminta, dana pensiun harus sama dengan PNS, TNI dan Polri, yakni sebesar 60 persen dari upah terakhir, bukan Rp300 ribu per bulan pada saat buruh memasuki usia pensiun 15 tahun kemudian.

Tuntutan ketiga, ialah TUM atau tolak upah murah. Buruh meminta Pemerintah mencabut PP Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan yang dianggap memiskinkan kaum buruh.

Lokasi yang dituju massa ialah Kantor Mahkamah Agung RI, Istana Negara. Di Istana Negara buruh akan berorasi dan menyampaikan sejumlah isu terkini dan menggelar berbagai pertunjukan seperti musik calung, pembacaan puisi oleh Anak Widji Thukul, atraksi seniman buruh daerah dan aksi teatrikal. (gob)



loading...

Feeds

TAK TERURUS: Kondisi Pasar Bantargebang Kota Bekasi. Tidak adanya perhatian dari Dinas Perekonomian Rakyat (Dispera) Kota Bekasi, membuat kondisi Pasar Bantargebang terlihat kumuh. (Foto: Dokumentasi/Radar Bekasi)

Inflasi Diperkirakan Terjadi Bulan Juni

EKONOM SKHA Institute for Global Competitiveness Eric Alexander Sugandi memprediksi puncak tekanan inflasi terjadi Juni mendatang. Eric menuturkan, akan terjadi efek simultan …
sesepuh-tokoh-sunda-meninggal-jawa-barat-berduka_m_133306

Jawa Barat Kehilangan Putra Terbaiknya

Indonesia kembali kehilangan putra terbaiknya. Sabtu malam (27/5), sesepuh Tokoh Sunda, Aboeng Koesman Somawidjaja meninggal dunia. Mantan Wakil Gubernur Jawa …