Datang ke Cikarang, Jokowi Minta Pemda Jangan Persulit Investor

(Ilustrasi)  Joko Widodo bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengunjungi peresmian salah satu pabrik mobil di Greenland International Industrial Center (GIIC), Kecamatan Cikarang Pusat, Selasa (25/4/2017). Foto:Raiza/Radar Bekasi

(Ilustrasi) Joko Widodo bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengunjungi peresmian salah satu pabrik mobil di Greenland International Industrial Center (GIIC), Kecamatan Cikarang Pusat, Selasa (25/4/2017). Foto:Raiza/Radar Bekasi

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) meminta agar Pemerintah Daerah (Pemda) jangan mempersulit masuknya investor. Hal ini diungkapkannya dalam peresmian perusahaan Mitsubishi di Greenland International Industrial Centre (GIIC), Cikarang Pusat, Selasa (25/4/2017).

Menurut Jokowi, invetasi bisa menunjang pertumbuhan ekonomi, sekaligus membuka lapangan kerja baru. Begitu juga dengan pengusaha, Jokowi meminta agar tenaga kerja lokal diprioritaskan. Dengan demikian, kesejahteraan warga sekitar terhindar dari garis kemiskinan.

“Saya sering mengatakan bahwa investasi itu penting, oleh sebab itu investor jangan dipersulit agar ekonomi kita bergerak, agar pertembuhan ekonomi selalu ada di negara kita, Indonesia. Dan banyak rakyat kita yang mendapatkan pekerjaan, karena investasi itu bisa membuka lapangan kerja. Artinya yang tadinya menganggur bisa jadi bekerja,” ungkap Jokowi.

Jokowi menjelaskan, masuknya investor ke Indonesia akan digaransi dengan kebijakan sumber daya manusia yang mumpuni. Karena selain harus mempekerjakan tenaga kerja lokal, investor juga harus meningkatkan mutu.

“Semakin banyak investasi maka akan banyak lapangan kerja. Karena itu kita semua harus dipastikan kemampuan sumber daya manusia kita bisa memenuhi kebutuhan yang dibutuhkan oleh industri yang berinvestasi di negara ini,” ujarnya.

Tenaga kerja lokal, lanjut Jokowi, bisa diunggulkan di sektor otomotif, pariwisata dan perhubungan. Karena tenaga kerja lokal tidak hanya pintar dalam hal teori, tapi juga mahir ketika di lapangan.

“Saya juga ingatkan dalam investasi di berbagai industri, diharapkan ada alih teknologi dan alih pengetahuan. Maka jangan ragu untuk melibatkan putra-putri Indonesia dalam melahirkan inovasi baru, karena SDM Indonesia itu aslinya pintar-pintar semuanya,” terangnya.

Dalam kesempatan ini Jokowi mengapresiasi peningkatan industri otomotif di Indonesia. Kata dia, pertumbuhan industri otomotif di Indonesia rata-rata di atas 10 persen.

“Saya berharap agar industri otomotif ini mulai meningkatkan pengembangannya dalam sektor ekspor. Meski pasar kita besar namun harus ada kemajuan dengan mengirim hasil buatan Indonesia di pasar Asean,” ungkapnya. (and/gob)

 



loading...

Feeds

Pentas seni di SMAN 12 Bekasi, Minggu (17/12/2017). (Foto: Ist)

Pensi SMAN 12 Bekasi Meriah

SMP Negeri 12 Kota Bekasi menyuguhkan kegiatan Fun Walk dan Pensi, kegiatan bertemakan asah-kreativitas ini merupakan bentuk apresiasi pihak sekolah …
Ilustrasi suspect difteri. (Foto: Ist)

Penderita Difteri di Kota Bekasi Bertambah

PENDERITA Difteri di Kota Bekasi bertambah. Sedikitnya 5 orang dinyatakan positif suspect penyakit mematikan itu. Kelimanya berada di sejumlah rumah …