Waspada Modus Baru Penipuan di ATM Ini

(Ilustrasi) Sejumlah nasabah sedang melakukan transaksi di Anjungan Tunai Mandiri (ATM) BCA pada saat libur Lebaran 2015. IST/RADAR BEKASI

(Ilustrasi) Sejumlah nasabah sedang melakukan transaksi di Anjungan Tunai Mandiri (ATM) BCA pada saat libur Lebaran 2015. IST/RADAR BEKASI

SEORANG netizen dengan akun Dwi Nanto berbagi pengalaman saat ia menjadi korban penipuan bermodus kartu ATM tertelan di sebuah ATM di minimarket bilangan Kemang Pratama, seberang Kopi Bang, Bekasi Selatan, pada 16 April pukul 09:58 WIB.

Bersama dengan gambar modus pelaku yang ia unggah di posting Facebook-nya, ia menjelaskan kronologis peristiwa yang dialaminya.

“Saat mengalami kesulitan memasukkan kartu ATM (karena slot sepertinya sempit dan diganjal), tiba-tiba orang di belakang saya bilang, ‘Coba dimiringkan masuknya, Pak.’ Saya ikuti nasehatnya tapi tetap tidak berhasil,” tulisnya.

Facebook/Dwi Nanto

Facebook/Dwi Nanto

Kemudian ia orang di belakangnya memegang kartu ATM miliknya, dia coba memasukkan tetapi tidak berhasil dan ia memasukkan kartu ATM milinya sendiri dan berhasil. Orang tersebut menyuruh korban mengulang lagi.

“Begitu saya masukkan, kartu ATM saya tertelan, tidak mau keluar. Saya bingung,” lanjutnya.

Lanjutnya, tiba-tiba ada orang lain lagi bilang agar ia memencet tombolnya, kemudian setelah itu ia diminta memasukkan nomor PIN-nya agar kartu ATM korban dapat keluar.

Orang itu sempat memeragakan, saat korban mencoba, gagal. Orang itu kemudian maju dan menekan 3 tombol lalu meminta korban memasukkan PIN-nya.

“Saat itu saya menolak, tapi dia sepertinya terus membujuk. Jadi curiga.”

Korban kemudian keluar tempat ATM dan dan menelepon bank bersangkutan untuk melaporkan kejadian tersebut. Saat menelepon, korban mengaku baru sadar bahwa kartu ATM-nya tidak tertelan, melainkan sudah dibawa kabur oleh orang pertama—yang berpura-pura meminta memasukkan kartu tersebut secara miring.

“Ternyata betul. Menurut operator, kartu saya dipakai orang lain di bank lain 10 menit setelah kejadian kartu saya tertelan. Namun tidak berhasil,” jelasnya.

Korban mencatat, selama kejadian tersebut kira-kira ada empat orang antre di belakannya. Begitu keluar dari mini market, keempat orang tersebut sudah tidak ada.

Posting korban ini  tersebar sebanyak 17.241 kali dan mendapatkan 5,2 ribu respon dari netizen lain. (gob)

 

 



loading...

Feeds

Prosesi pemakaman Bripda Taufan di TPU Jatiranggon, Jatisampurna, Kamis (25/5/2017). (Foto: Ist)

Sosok Bripda Taufan Dikenal Ramah

PEMAKAMAN Bripda Taufan Tsunami (23), berjalan dengan hikmat di tempat pemakaman umum (TPU) Pondok Rangon, Kecamatan Jatisampurna, Kamis (25/5/2017) siang ini. …