Ini Bahaya Pangku Laptop bagi Pria Dewasa

Ilustrasi. (Foto: personal.psu.edu)

Ilustrasi. (Foto: personal.psu.edu)

PERNAH mendapat kabar bahwa panas laptop menyebabkan laki-laki infertile? Kabar tersebut benar adanya.

 Spesialis andrologi dr Johannes Soedjono Mkes SpAnd mengatakan, berdasarkan hasil penelitian, bahwa memangku laptop dengan paha merapat sudah menaikkan suhu kantung buah zakar 1 derajat celcius per 12 menitnya. Sehingga bila sudah memangku laptop selama satu jam, kenaikan suhu kantung buah zakar sudah mencapai 2 -3 derajat celcius.

Peningkatan suhu lebih lama terjadi bila saat memangku, laptop dilapisi alas. Serta saat memangku, posisi paha terbuka, tidak merapat. ’’Saya observasi dari pasien juga, ternyata juga ada beberapa pasien yang punya kebiasaan seperti ini,’’ papar Johannes yang merupakan dosen FK Universitas Hang Tuah Surabaya tersebut

Skrotum atau kantung buah zakar tercipta dengan kondisi menggantung bukan tanpa sebab. Yakni supaya suhunya lebih rendah dua sampai empat derajat celcius daripada temperatur tubuh.

Jadi, bila suhu tubuh biasanya adalah 37 derajat celcius, maka suhu testis hanya 33 derajat celcius. Bila sudah lebih dari itu, bisa mengakibatkan gangguan produksi sperma.

Melalui mekanisme heat stress yang membuat opotosis atau kematian sel terprogram. ’’Tidak hanya itu, juga menyebabkan peningkatkan radikal bebas dan juga penurunan kadar oksigen,’’ ucapnya.

Sayangnya, sebagian besar laki-laki infertil datang dengan keluhan setelah menikah beberapa tahun, tak kunjung mempunyai momongan. Hanya saja, tidak dimungkiri, sebagian besar laki-laki masih gengsi melakukan pemeriksaan fertilitas. Bila telah menikah dan tak memiliki momongan, perempuan lah yang disuruh melakukan pemeriksaan duluan.

Padahal, melakukan pemeriksaan fertilitas pada laki-laki jauh lebih mudah dan murah daripada melakukan pemeriksaan fertilitas pada perempuan. ’’Kalau laki-laki hanya perlu diambil spermanya, kalau perempuan harus diobok-obok dulu. Jauh lebih mahal pula,’’ tuturnya. (Fajar/JPG/gobekasi)



loading...

Feeds

Prosesi pemakaman Bripda Taufan di TPU Jatiranggon, Jatisampurna, Kamis (25/5/2017). (Foto: Ist)

Sosok Bripda Taufan Dikenal Ramah

PEMAKAMAN Bripda Taufan Tsunami (23), berjalan dengan hikmat di tempat pemakaman umum (TPU) Pondok Rangon, Kecamatan Jatisampurna, Kamis (25/5/2017) siang ini. …
(Ilustrasi) Warga sedang menunggu kereta di Stasiun Tambun. Pada 2017 mendatang, warga Kabupaten Bekasi bisa menikmati layanan KRL dengan tujuan Cikarang-Jakarta.ARIESANT/RADAR BEKASI

Long Weekend, Tiket Kereta Api Ludes

MINAT masyarakat masih tinggi yang menggunakan moda transportasi KA. Hal ini terlihat dari mulai terjual habisnya tiket KA di tanggal-tanggal …