Ini Bahaya Pangku Laptop bagi Pria Dewasa

Ilustrasi. (Foto: personal.psu.edu)

Ilustrasi. (Foto: personal.psu.edu)

PERNAH mendapat kabar bahwa panas laptop menyebabkan laki-laki infertile? Kabar tersebut benar adanya.

 Spesialis andrologi dr Johannes Soedjono Mkes SpAnd mengatakan, berdasarkan hasil penelitian, bahwa memangku laptop dengan paha merapat sudah menaikkan suhu kantung buah zakar 1 derajat celcius per 12 menitnya. Sehingga bila sudah memangku laptop selama satu jam, kenaikan suhu kantung buah zakar sudah mencapai 2 -3 derajat celcius.

Peningkatan suhu lebih lama terjadi bila saat memangku, laptop dilapisi alas. Serta saat memangku, posisi paha terbuka, tidak merapat. ’’Saya observasi dari pasien juga, ternyata juga ada beberapa pasien yang punya kebiasaan seperti ini,’’ papar Johannes yang merupakan dosen FK Universitas Hang Tuah Surabaya tersebut

Skrotum atau kantung buah zakar tercipta dengan kondisi menggantung bukan tanpa sebab. Yakni supaya suhunya lebih rendah dua sampai empat derajat celcius daripada temperatur tubuh.

Jadi, bila suhu tubuh biasanya adalah 37 derajat celcius, maka suhu testis hanya 33 derajat celcius. Bila sudah lebih dari itu, bisa mengakibatkan gangguan produksi sperma.

Melalui mekanisme heat stress yang membuat opotosis atau kematian sel terprogram. ’’Tidak hanya itu, juga menyebabkan peningkatkan radikal bebas dan juga penurunan kadar oksigen,’’ ucapnya.

Sayangnya, sebagian besar laki-laki infertil datang dengan keluhan setelah menikah beberapa tahun, tak kunjung mempunyai momongan. Hanya saja, tidak dimungkiri, sebagian besar laki-laki masih gengsi melakukan pemeriksaan fertilitas. Bila telah menikah dan tak memiliki momongan, perempuan lah yang disuruh melakukan pemeriksaan duluan.

Padahal, melakukan pemeriksaan fertilitas pada laki-laki jauh lebih mudah dan murah daripada melakukan pemeriksaan fertilitas pada perempuan. ’’Kalau laki-laki hanya perlu diambil spermanya, kalau perempuan harus diobok-obok dulu. Jauh lebih mahal pula,’’ tuturnya. (Fajar/JPG/gobekasi)



loading...

Feeds

Pentas seni di SMAN 12 Bekasi, Minggu (17/12/2017). (Foto: Ist)

Pensi SMAN 12 Bekasi Meriah

SMP Negeri 12 Kota Bekasi menyuguhkan kegiatan Fun Walk dan Pensi, kegiatan bertemakan asah-kreativitas ini merupakan bentuk apresiasi pihak sekolah …
Ilustrasi suspect difteri. (Foto: Ist)

Penderita Difteri di Kota Bekasi Bertambah

PENDERITA Difteri di Kota Bekasi bertambah. Sedikitnya 5 orang dinyatakan positif suspect penyakit mematikan itu. Kelimanya berada di sejumlah rumah …