Wah… 36 Ribu Warga Kota Bekasi Ber-KTP Ganda

(Ilustrasi)  Warga tengah antre untuk melegalisit KTP dan KK di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan SIpil (disdukcapil) Kota Bekasi. Dalam sehari, Disdukcapil Kota Bekasi mempu mencetak 750 e-KTP.

Dok/RADAR BEKASI

(Ilustrasi) Warga tengah antre untuk melegalisit KTP dan KK di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan SIpil (disdukcapil) Kota Bekasi. Dalam sehari, Disdukcapil Kota Bekasi mempu mencetak 750 e-KTP. Dok/RADAR BEKASI

DINAS Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) mencatat, sebanyak 36 ribu warga Kota Bekasi memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) ganda. Hal ini diketahui saat warga melakukan perekaman kartu tanda penduduk (KTP) elektronik atau e-KTP.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bekasi, Erwin Effendi mengatakan, identitas ganda banyak di temukan saat warga melakukan perekaman. Dari data yang di miliki Disdukcapil sebanyak 36 ribu warga di Kota Bekasi memiliki identitas ganda.

Banyak motif warga nekat berusaha memiliki kartu identitas lebih dari satu dengan alamat yang berbeda. Salah satunya, motif membuat Kartu Keluarga (KK) dengan satu identitas, namun dengan dua alamat. Setelah di telusuri, warga yang nekat memiliki identitas ganda untuk keperluan administrasi secara legalitas untuk berpoligami tanpa sepengetahuan istri pertama.

“Mereka nekat buat identitas ganda, karena poligami, di KK pertama ada nama istri dan anak, kemudian nikah lagi dan harus punya KK juga, saat di cek Nomer Induk Kependudukan (NIK) sudah ada namanya tapi ngotot untuk bikin lagi, dengan satu nama dan NIK yah gak bisa,” kata Erwin saat ditemui. (dat/pj/gob)



loading...

Feeds

Ilutrasi Raperda

DPRD Kota Bekasi Sahkan 6 Perda

DPRD Kota Bekasi resmi mengesahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi peraturan daerah (perda) dalam rapat paripurna di gedung DPRD Kota …
Belanja di Online Shop Rawan Pelanggaran

48 Mitra Jasa Marga Dapat Dana Pinjaman

SEBANYAK 48 mitra binaan Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mendapat dana pinjaman hingga Rp750 juta. Dana itu diberikan sebagai penguat usaha …