Puji Astuti, Polwan Bekasi yang Terinspirasi Perjuangan Kartini

Iptu Puji Astuti. Foto: kub/GoBekasi

Iptu Puji Astuti. Foto: kub/GoBekasi

MEMPERINGATI Hari RA Kartini Jumat (21/4/2017), salah satu Polisi Wanita (Polwan) di Kota Bekasi, Iptu Puji Astuti mencoba mengupasnya dalam kehidupan sehari-hari. Kanit Binmas Polsek Bekasi Selatan ini mengaku sangat terinspirasi dengan kisah RA Kartini yang memperjuangkan emansipasi wanita.

“Bagi saya, Kartini adalah sosok wanita yang mengispirasi saya yang berkaitan erat dengan tugas saya sebagai polwan, memiliki tugas dan tanggung jawab yang sama dengan polisi laki-laki,” katanya.

Dengan emansipasi yang telah lama diperjuangkan Kartini, maka wanita Indonesia saat ini harus percaya diri.

“Sebagai wanita harus lebih bisa mandiri, berani bersuara, berani menunjukan karyanya,” kata Puji.

Wanita kelahiran Grobogan, Jawa Tengah, 21 Februari 1976 ini mengaku, karir sebagai polwan dilakoninya setelah lulus pendidikan di Pasar Jumat 1955-1996. Banyak perjuangan yang dia lakukan hingga memiliki banyak prestasi.

Menjalani kehidupan sebagai single parent, Puji harus bisa membagi waktu, antara tugas dengan waktu mengurus anak semata wayangnya, setelah suaminya berpulang pada 2001 silam.

Awalnya menjadi polwan, Puji masih berpangkat sebagai Bripda di PTIK, dan ditempatkan di bagian sekretaris Gubernur PTIK. Seiring waktu berjalan, pada tahun 2000 ia pindah ke Kota Bekasi mengikuti jejak almarhum suaminya.

“Saat pindah saya ditempatkan di bagian Lalu Lintas tepatnya di pelayanan pembuatan surat ijin mengemudi (SIM),” ungkap dia.

Seiring berjalannya waktu ia dipercaya menjadi Sekretaris Pribadi  Kapolres Bekasi Kota pada 2005.

“Pada waktu itu Kapolres adalah Kombes Pol Edwar Syah Pernong. Diposisi itu saya selama 6 tahun lamanya,” kisahnya.

Karir Puji terus naik, pada tahun 2011, dia mengikuti seleksi pendidikan sekolah perwira hingga akhirnya lulus dan otomatis pangkatnya naik menjadi Ipda.

“Penempatan pertama saya sebagai perwira polisi adalah Kasubnit Satu PPA (Perlindungan Perempuan dan Anak), tahun 2015/2016 saya dipindah menjadi Kepala Subbagian Humas Polres Bekasi Kota,” papar dia.

Memakan waktu yang cukup panjang, akhirnya ia kembali mendapatkan prestasi. Dia diangkat menjadi Kenit Binmas di Polsek Bekasi Selatan pada pertengahan tahun 2016 hingga 2017 ini.

Menurut Puji, apa yang telah dicapainya selama ini adalah kebanggaan yang luar biasa baginya sebagai polwan. Dari jabatan yang dimiliki saat ini, dia merasa seperti halnya Kartini yang harus bisa memberikan banyak manfaat bagi orang banyak.

Tentunya, dengan emansipasi dan karir polwan yang dijalankan. Puji tidak melupakan perannya dalam keluarga. Kegiatan memasak hidangan keluarga menjadi satu kebahagiaan tersendiri baginya.

“Keluarga kami paling suka dengan hidangan sayuran segar, ikan dan yang tidak pernah terlewatkan adalah tempe goreng kering tepung,” tutupnya. (kub/gob)



loading...

Feeds

MUI Dukung Pemutaran Film G30S PKI

MUI Dukung Pemutaran Film G30S/PKI

MAJELIS Ulama Indonesia (MUI) mendukung pemutaran kembali film Penumpasan dan Pengkhianatan G30S PKI. Sebab, itu bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai nasionalisme …
Walah! Pendiri Situs Lelang Perawan Tinggal di Kota Bekasi

Berapa Keuntungan Nikahsirri.com?

DIREKTUR Kriminal Khusus (Dirkrimsus) Polda Metro Jaya Kombes Adi  menjelaskan, terkait keuntungan yang didapat Aris Wahyudi selaku pemilik situs nikahsirri.com, …
Pendiri Nikahsirri.com Aris Wahyudi

Pemilik Situs Nikahsirri.com Ditangkap

ORANG yang tertarik untuk merasakan layanan situs www.nikahsirri.com cukup tinggi. Data dari polisi, kurang dari sepekan, sudah 3.000 orang mendaftar di …
Undangan Palsu TNI

Undangan Hoaks Catut Nama Panglima TNI

AKUN twitter @benni_hidayat pada 22 September 2017 menyebarkan informasi seolah-olah Panglima TNI mengundang masyarakat untuk berkumpul di lapangan Monas. Padahal …
Valentino Rossi 46

Penderitaan Rossi di GP Aragon

PEMBALAP Movistar Yamaha Valentino Rossi tampil penuh kejutan di MotoGP Aragon. Setelah memutuskan ikut balapan meski seharusnya masih harus istirahat, Rossi …
PENGENDARA saat melintasi genangan air di Kampung Kempes, Desa Sukamulya kecamatan Sukatani, kemarin. Kampung tersebut sejak sepekan terakhir tergenang air.

Desa Sukamulya Tergenang Air

DI SAAT sejumlah wilayah di Kabupaten Bekasi mengalami kekeringan, namun pemandangan berbeda terlihat di Kampung Kempes, Desa Sukamulya kecamatan Sukatani. …