Bank Sampah RW 06 Pejuang Punya 6 Produk Daur Ulang

Pengurus Bank Sampah Ranndu RW 06 Pejuang, Medansatria. (Foto: Yurizkha Aditya/GoBekasi.co.id)

Pengurus Bank Sampah Ranndu RW 06 Pejuang, Medansatria. (Foto: Yurizkha Aditya/GoBekasi.co.id)

EMPAT bulan berjalan, Bank Sampah Randdu RW 06 Kelurahan Pejuang, Medansatria, sudah memiliki 6 hasil kerajinan tangan daur ulang sampah rumah tangga. Hal ini disampaikan Unit Usaha Lain RW 06 Sutrisno, Selasa (18/4/2017).

“Sejauh ini hasil kerjainan yang dibuat adalah gantungan kunci dari tutup botol air mineral, pin, botol minum besar yang dibikin pot bunga, ember bekas yang disulap untuk cuci tangan, gas bunga dna bungkus kopi yang disulap jadi aneka tas cantik dan tiker,” papar Sutrisno.

Direktur Bank Sampah RW 06 Kelurahan Pejuang,Yeti Setiawati menambahkan, dari 2.431 warga dari 594 kepala keluarga ini yang baru terdaftar bank sampah ada 36 orang.

“Sejauh ini Alhamdulillah bank sampah kami sudah berjalan dengan baik, walaupun masih banyak yang belum tergabung, tapi kami terus ajak mereka untuk berpartisipasi dalam kegiatan pemerintah dengan memberdayakan bank sampah ini,” ungkapnya

Menurutnya, di samping menguntungkan, program bank sampah bisa memberdayakan masyarakat untuk hidup sehat dan kreatif. Selain itu daur ulang sampah juga dapat menghasilkan uang.

“Kalau untuk sampah kering kardus 1 kilonya saja dijual Rp1.000, botol aqua 1 kilo Rp1.000, sedangkan botol aqua gelas Rp2000 rupiah per kilonya,penimbangan pun dilakukan di hari Rabu.”terangnya.

Lanjut wanita yang akrab disapa Yeti ini, bank sampah di wilayahnya ini berusaha untuk mengembangkan tanaman hias, dan kerajianan- kerajinan tangan lainya.

“Kami memang fokus juga di dunia kreatif dengan mengajak kader dan ibu-ibu lansia untuk belajar bikin kerajinan, tanaman hias dan masih banyak lainya, dan kami berharap bisa terus membudidayakan kerajinan tersebut,” tandasnya. (Cr28/gob)

 



loading...

Feeds