Mau Punya Senyum Oke? Jangan Sentuh 5 Makanan Ini

Ingin senyum menawan? Ini bisa didapatkan dari kesehatan mulut dan gigi. Namun, menjaga kesehatan mulut dan gigi membutuhkan lebih dari sekadar menyikat gigi dua kali sehari. Nyatanya apa yang Anda makan memiliki dampak yang besar bagi kesehatan mulut.

Nah, jika ingin menjaga gigi agar tetap sehat dan bersih maka coba pertimbangkan beberapa menu makanan yang Anda konsumsi.

Baru-baru ini seorang ahli gizi asal London Inggris Rick Hays memberi rekomendasi makanan apa saja yang dapat menjaga gigi tetap sehat dan makanan apa saja yang dihindari. Berikut pemaparannya.

Makanan yang berwarna kuning dan oranye

Mengonsumsi banyak makanan berwarna kuning dan oranye ternyata dapat menjaga gusi agar tetap sehat. Pasalnya makanan yang berwarna kuning dan oranye kaya akan beta-karoten yang merupakan sumber vitamin A.

Sumber Vitamin A dipercaya dapat menutrisi dan memperbaiki selaput lendir, selaput lendir yang sehat membuat gusi sehat. Gusi yang sehat menentukan gigi yang sehat. Misal: wortel dan paprika kuning.

  1. Minyak Ikan

Minyak ikan mengandung asam omega yang baik untuk kulit, rambut, kuku, dan gigi. Selain minyak ikan, anda dapat mengonsumsi ikan yang memiliki kadar minyak dan omega tinggi. Misal: ikan salmon.

  1. Suplemen

Suplemen yang baik bagi kesehatan gigi adalah suplemen yang mengandung kalsium dan Vitamin A. kalsium baik untuk menguatkan gigi sedangkan Vitamin A baik untuk menjaga membaran mukosa pada gusi. Kombinasi keduanya dapat menjaga kesehatan mulut anda.

Selain rekomendasi makanan diatas yang dapat menjaga kesehatan gigi dan gusi. Ternyata ada juga beberapa makanan yang dilarang untuk dikonsumsi. Apa saja?

  1. Gula

Sudah sejak lama gula menjadi penyebab utama kerusakan gigi. Hal ini disebabkan karena gula mengandung glycation yang menyebabkan penuaan. Hindari konsumsi gula secara berlebihan agar gigi anda tetap terjaga kesehatannya.

  1. Kopi dan Teh

Kopi dan Teh dapat meninggalkan noda pada gigi anda. Jika anda penikmat kopi sebaiknya kurangi konsumsi kopi anda. Konsumsi kopi seminggu mininal 2 kali agar gigi anda tidak sehat dan putih.

  1. Daging

Konsumsi daging secara berlebihan dapat membuat pencernaan anda terganggu. hal tersebut secara tidak langsung memiliki dampak yang buruk bagi gigi anda. Selain itu dampak mengonsumsi daging dapat meninggalkan sisa lemak pada gigi anda. Konsumsi daging secara wajar tidak akan merusak gigi anda. (mia/dailymail)

 



loading...

Feeds

Ilustrasi vaksin. (Foto: vaccineressitancemovement)

3 Tahap Vaksinasi Difteri

ADA beberapa tahapan agar anak-anak terhindar dari penyakit Difteri yang saat ini masuk dalam Kejadian Luar Biasa (KLB) di Jawa …