Ruang Kelas Sekolah di Kota Bekasi Belum Ideal

Ilustrasi. (Foto: Ariesant/Radar Bekasi)

Ilustrasi. (Foto: Ariesant/Radar Bekasi)

KEBERADAAN ruang kelas di sejumlah sekolah di Kota Bekasi saat ini dinilai belum ideal. Pasalnya, saat ini asih dibutuhkan 500 unit ruang kelas baru untuk 199 sekolah tingkat Sekolah Dasar(SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Demikian ditegaskan kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kota Bekasi, Dadang Ginanjar. Dia mengakui, kebutuhan akan tuang kelas baru di Kota Bekasi memang masih banyak.

Mengingat kemampuan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Bekasi pada 2017 hanya berkisar Rp5,4 triliun, pembangunan kebutuhan ruang kelas pun dilakukan bertahap.

“Pembangunan dilakukan bertahap, rencana pembangunan tahun ini pun memang belum ideal memenuhi kebutuhan pembangunan ruang kelas baru,” ungkap Dadang, Minggu (19/3/2017).

Dadang menjelaskan, pada 2017 pihaknya berencana membangun 111 ruang kelas baru untuk 150 sekolah tingkat dasar (SD) Negeri dan 41 ruang kelas baru untuk 49 sekolah tingkat menengah (SMP) Negeri yang tersebar di 12 Kecamatan Kota Bekasi. Adapun anggaran yang disediakan adalah sebesar Rp60 miliar.
Murid-murid di sekolah ini belajarnya di lantai karena belum ada meja dan kursi

Rencana ini, kata Dadang, memang masih jauh dari kebutuhan ruang kelas baru. Sebab satu sekolah idealnya membutuhkan tiga hingga empat ruang kelas baru. Sedangkan pada tahun ini pihaknya hanya sanggup untuk membangun satu ruang kelas baru.

“Ini pun belum maksimal, ada pula sekolah yang tahun ini tidak mendapatkan porsi pembangunan ruang kelas, karena ada pula sekolah yang hanya butuh renovasi ruangan, ” kata dia.

Sementara itu, lanjut dia, untuk kebutuhan ruang kelas baru bagi sekolah menengah atas (SMA) Negeri sederajat diserahkan pada Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. Sebab kini, tanggung jawabnya sudah diambil alih mulai awal tahun ini.

Namun, tak menutup kemungkinan jika nanti ditemukan kebutuhan ruang kelas atau masalah apapun di SMA Negeri di wilayahnya, pihaknya akan turut serta menyurati Disdik Provinsi Jawa Barat. Agar dari anggaran Bantuan Provinsi segera bisa masuk rencana perbaikan dan pembangunan ruang kelas baru untuk SMA dan SMK Negeri di Kota Bekasi.

“Upaya kita menyurati pihak berwenang agar Pemprov Jabar segera memberikan Banprov untuk kebutuhan pembangunan ruang kelas bagi sekolah SMA dan SMK yang ada di sini,” tambah dia. (Sar/pj/gob)



loading...

Feeds

meditasi

Meditasi Meningkatkan Aliran Darah ke Otak

MENINGKATKAN kecerdasan otak tak hanya bisa dilakukan dengan belajar dan mengasah kemampuan otak. Meningkatkan kecerdasan otak juga bisa dilakukan dengan meditasi. …
TPA Sumurbatu. (Foto: Facebook)

Perluasan Zona TPA Sumur Batu Molor 3 Tahun

RENCANA perluasan zona Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sumurbatu, Kecamatan Bantargebang, molor hingga 3 tahun. Sedianya, Pemerintah Kota Bekasi telah melakukan …