Ya Ampun… Angka Kasus Perceraian di Kabupaten Bekasi Terus Meningkat

Sepasang kekasing berjalan di depan Kantor PA Cikarang. Banyak masyarakat yang belum mengambil akte cerai sehingga menumpuk di kantor PA.FOTO:RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

Sepasang kekasing berjalan di depan Kantor PA Cikarang. Banyak masyarakat yang belum mengambil akte cerai sehingga menumpuk di kantor PA.FOTO:RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI

TREN angka perceraian di Kabupaten Bekasi mengalami peningkatan setiap tahun. Hingga pertengahan Maret 2017, Pengadilan Agama (PA) Cikarang mencatat sebanyak 700 perkara percerain yang rata-rata merupakan gugat cerai dari istri.

Meski angka perceraian meningkat namun tidak dibarengi kesadaran masyarakat untuk mengambil akte cerai. Padahal, akte tersebut sangat penting penggunaannya.

Kepala Pengadilan Agama Cikarang, Nemin Aminuddin, mengatakan hampir setiap tahun sejak 2004 banyak akte cerai tidak diambil oleh pemohon. Alhasil, ruang penyimpanan di pengadilan agama menjadi sempit.

“Jumlahnya hampir ribuan, padahal akte cerai sangat penting terutama sebagai legalitas ketika ingin menikah lagi dan ini diminta oleh KUA, kemudian bila ingin keluar negerinkan ada leglitas kalau sudah bercerai dan banyak yang lain manfaatnya,” ungkapnya.

Menurut Nemin, ada beberapa penyebab mengapa warga atau pemohon tidak mengambil akte cerai. Pertama karena adanya praktik percaloan, dan kedua soal minimnya kesadaran masyarakat untuk mengbil akte tersebut.

“Jadi memang perlu diberitahukan kalau pengambilan akte cerai tidak dengan biaya tinggi, kemudian masyarakat juga berpikir setelah selesai sidang dan ketuk palu tidak membutuhkan akte cerai,” ungkapnya.

Terlepas dari itu, Pengadilan Agama Cikarang menerapkan sistem sidang keliling. Salah satu lokasinya di Tambun Selatan. Tujuan dari penerapan sistem ini agar memudahkan masyarakat yang tinggal jauh dari lokasi pengadilan agama.

“Kalau di Tambun Selatan untuk menjangkau masyarakat yang ada di Cibitung, Cikarang Barat dan beberapa wilayah terdekat lainnya tapi kita juga lakukan sidang kelilimg di Babelan untuk wilayah yang berdekatan seperti Tarumajaya, Tambelang, Sukawangi dan daerah lainnya,” ungkapnya.

(dho/rbs/gob)

 



loading...

Feeds

Ilustrasi. (foto: ist)

Ini Dia Jadwal UNBK

KEMENTRIAN Pendidikan dan Kebudayaan telah merilis jadwal Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk tingkat SMK, SMA, dan SMP. Dimana setiap hari …
(Ilustrasi) Siswa - siswi SMPN 1 Kota Bekasi mengerjakan soal Ujian Nasional pada hari pertama dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia, Senin (4/5) kemarin. Terhitung Senin (4/5) hingga Rabu (6/5) sebanyak 62 siswa absen, 21 siswa mengundurkan diri dan 8 siswa sakit. (Foto Ivam Pramana Putra/GoBekasi.co.id)

Soal USBN Rentan Bocor

SEKJEN Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) Retno Listyarti mengatakan, ujian sekolah berstandar nasional (USBN) rentan bocor. Ini karena banyaknya celah yang …