Ternyata Bersihkan Telinga Pakai Cotton Bud Itu Bahaya, Ini Alasannya

Ilustrasi. Foto: foxnews

Ilustrasi. Foto: foxnews

SEHARUSNYA kita tidak memasukkan benda apa pun ke dalam telinga untuk membersihkan kotoran dan debu.  Termasuk membersihkan telinga dengan cotton bud.

Bagi sebagian orang, kotoran telinga bisa menumpuk dengan sangat cepat hingga mengurangi kemampuan mendengar dan di beberapa kasus, timbul rasa sakit.

Banyak orang yang memilih menggunakan cotton bud untuk mengangkat kotoran tersebut. Padahal, walaupun membersihkan telinga dengan cotton bud cukup umum dilakukan, para ahli mengatakan membersihkan telinga dengan cotton bud bisa menyebabkan gangguan pendengaran atau kerusakan pada saluran dalam telinga.

Berikut ini beberapa alasan mengapa Anda tidak dianjurkan membersihkan telinga dengan cotton buds, seperti dilansir laman India Times, Kamis (16/3/2017).

  1. Penting memiliki lilin pembersih untuk telinga.

Kotoran telinga memiliki kualitas antibakteri untuk mencegah infeksi dan juga membantu melumasi saluran telinga dan mencegah pengeringan serta rasa gatal.

  1. Cotton buds tidak baik untuk gendang telinga. Penyeka kapas benar-benar bisa membuat gendang telinga pecah, bahkan bisa menyebabkan gangguan pendengaran.

Ketika kita memaksa benda asing masuk ke dalam liang telinga, kita cenderung untuk mendorong lilin melawan gendang telinga yang benar-benar bukan ide yang baik.

  1. Kotoran telinga ini akan hilang secara alami.

Telinga dirancang untuk menghilangkan kotoran dengan sendirinya. Gerakan normal rahang Anda mulai dari berbicara, makan atau menguap akan mendorong keluar kotoran telinga.

Dan yang perlu Anda lakukan setelah mandi air panas adalah membersihkan telinga dengan kain bersih tanpa melakukan gerakan mendorong ke dalam telinga.

  1. Teratur membersihkan kotoran telinga bisa menyebabkan kekeringan

Kotoran telinga memiliki pelumas dan kualitas antibakteri, jadi jika Anda mencoba menghilangkannya, maka hal ini akan mengakibatkan telinga terasa gatal dan akan lebih rentan terhadap infeksi.(fny/jpnn)



loading...

Feeds

Koalisi-Gerindra-PKS

PKS-Gerindra Berkoalisi Hingga 2019

Koalisi Merah Putih (KMP) yang digagas PKS dan Gerindra dipastikan bakal terus berlanjut. Karena koalisi tersebut bukan hanya untuk Pilkada …
Keren! Persipasi Belum Terkalahkan pada Putaran Kedua Liga 3

Persikasi Berpeluang ke Liga 1?

PERSOALAN pelik yang mendera Persatuan Sepak Bola Kabupaten Bekasi (Persikasi) nampaknya mulai menjadi perhatian beberapa tim berbeda level diatasnya. Hal …
Kantor DPRD Kabupaten Bekasi. (Foto: Harun Nazarudin/GoBekasi)

Pengesahan APBD-P Kabupaten Bekasi Ditunda

PENGESAHAN Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan Kabupaten Bekasi 2017 ditunda. Penetapan yang semula dijadwalkan pada rapat paripurna di Gedung …
kpu

Masyarakat Jangan Terpengaruh Hasil Survei

JELANG Pilkada Kota Bekasi 2018, beberapa lembaga survei sudah mengumumkan hasilnya. Masyarakat diminta bijak dalam menilai hasil survei tersebut. “Hal …