Ternyata Ini Penyebab Banjir di Bekasi

Air hujan yang menggenang hingga setinggi 1 meter membuat lalulintas dari dan menuju Bekasi nyaris lumpuh, Minggu (19/02/2017). FOTO: Muhammad Yakub/GoBekasi

Air hujan yang menggenang hingga setinggi 1 meter membuat lalulintas dari dan menuju Bekasi nyaris lumpuh, Minggu (19/02/2017). FOTO: Muhammad Yakub/GoBekasi

KOTA Bekasi kembali dilanda banjir usai diguyur hujan selama beberapa jam, Jumat (17/3/2017). Dampaknya, sejumlah titik perumahan dan jalanan terendam banjir, yang mengakibatkan kemacetan panjang.

Direktur Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Jawa Barat, Dadan Ramdan menilai, salah satu penyebab banjir di Kota Bekasi tersebut karena alih fungsi lahan.

Menurut dia, penyebab lain ada beberapa sungai yang melintasi Kota Bekasi seperti Sungai Citarum. Namun, Dadan belum bisa memastikan apa yang menjadi penyebab utama banjir tersebut.

Secara umum, jika lahan resapan air minim, maka dapat menyebabkan banjir. Dan yang merasakan dampaknya adalah masyarakat.

“Dari pengalaman kami, Kota Bekasi sudah menjadi langganan banjir. Selain posisinya di pinggiran pesisir, Bekasi juga dilalui banyak sungai, dan itu menjadi salah satu penyebabnya, ditambah lagi alih fungsi lahan yang menyebabkan berkurangnya resapan air,” terangnya.

Dan menjelaskan, banjir di Kota Bekasi bukan lagi sebagai bencana alam, tapi merupakan bencana ekologis atau bencana lingkungan hidup.

Ia berharap, harus ada solusi konkret untuk mencegah atau meminimalisir terjadinya banjir di Kota Bekasi dari pemerintah setempat. Harus ada peraturan yang memang berpihak kepada persoalan lingkungan.

“Harus ada penataan tata ruang dalam skala yang lebih besar. Ini tata ruang yang menjamin kepada keberlanjutan lingkungan, penyediaan resapan air dan juga lahan – lahan hijau, sehingga kapasitas daya tampung air dan sungai tetap terjaga serta terpelihara,” imbuhnya.

Berdasarkan pantauan Radar Bekasi, sejumlah perumahan dan jalan raya di wilayah Bekasi Timur dan Bekasi Barat terendam banjir. Ada beberapa lokasi yang tidak bisa dilewati kendaraan karena tingginya genangan air di jalanan.

(neo/pj/gob)



loading...

Feeds

Ilustrasi. (foto: ist)

Ini Dia Jadwal UNBK

KEMENTRIAN Pendidikan dan Kebudayaan telah merilis jadwal Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk tingkat SMK, SMA, dan SMP. Dimana setiap hari …
(Ilustrasi) Siswa - siswi SMPN 1 Kota Bekasi mengerjakan soal Ujian Nasional pada hari pertama dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia, Senin (4/5) kemarin. Terhitung Senin (4/5) hingga Rabu (6/5) sebanyak 62 siswa absen, 21 siswa mengundurkan diri dan 8 siswa sakit. (Foto Ivam Pramana Putra/GoBekasi.co.id)

Soal USBN Rentan Bocor

SEKJEN Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) Retno Listyarti mengatakan, ujian sekolah berstandar nasional (USBN) rentan bocor. Ini karena banyaknya celah yang …