Teh Hijau Bisa Atasi Gangguan Sumsum Tulang Belakang

Ilustrasi. (Foto: Health)

Ilustrasi. (Foto: Health)

TEH hijau memiliki potensi menyelamatkan kehidupan bagi orang-orang yang memiliki masalah dengan gangguan sumsum tulang belakang.

Para peneliti dari Washington University di St Louis di Amerika Serikat dan Jerman menemukan teh hijau memiliki senyawa epigallocatechine-3-gallate (EGCG).

Itu adalah sebuah polifenol yang ditemukan dalam daun teh hijau.

Senyawa itu dimungkinkan bisa memberikan manfaat khusus untuk pasien yang sedang berjuang dengan multiple myeloma dan amiloidosis, komplikasi medis fatal yang sering terkait dengan gangguan sumsum tulang belakang.

“Pasien-pasien ini rentan terhadap kondisi yang fatal yang disebut cahaya rantai amiloidosis (light chain amyloidosis) di mana bagian dari antibodi tubuh itu sendiri menjadi cacat dan bisa terakumulasi dalam berbagai organ, termasuk jantung dan ginjal,” kata penulis studi, Jan Bieschke, seperti dilansir laman India Times.

“Idenya di sini ada dua. Kami ingin memahami bagaimana cahaya rantai amiloidosis (light chain amyloidosis) dan bagaimana senyawa teh hijau memengaruhi protein spesifik ini,” tambah Bieschke.

Tim peneliti pertama kali mengisolasi rantai ringan individu (individual light chains) dari sembilan pasien dengan gangguan sumsum tulang belakang.

Kemudian mereka melakukan percobaan laboratorium untuk menentukan bagaimana senyawa teh hijau memengaruhi protein rantai ringan.

Temuan menunjukkan bahwa pada pasien sumsum tulang belakang, EGCG mengubah cahaya rantai amyloid (light chain) serta mencegah bentuk cacat replikasi yang bisa menjadi berbahaya.

“Dengan keberadaan teh hijau, rantai tersebut memiliki struktur internal yang berbeda, karena ECGC menarik rantai cahaya menjadi berbagai jenis agregat yang tidak beracun dan tidak membentuk struktur urat saraf, seperti yang terjadi pada organ-organ yang terkena amiloidosis,” pungkas Bieschke.(fny/jpnn/gob)



loading...

Feeds

Ilustrasi. (foto: ist)

Ini Dia Jadwal UNBK

KEMENTRIAN Pendidikan dan Kebudayaan telah merilis jadwal Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk tingkat SMK, SMA, dan SMP. Dimana setiap hari …
(Ilustrasi) Siswa - siswi SMPN 1 Kota Bekasi mengerjakan soal Ujian Nasional pada hari pertama dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia, Senin (4/5) kemarin. Terhitung Senin (4/5) hingga Rabu (6/5) sebanyak 62 siswa absen, 21 siswa mengundurkan diri dan 8 siswa sakit. (Foto Ivam Pramana Putra/GoBekasi.co.id)

Soal USBN Rentan Bocor

SEKJEN Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) Retno Listyarti mengatakan, ujian sekolah berstandar nasional (USBN) rentan bocor. Ini karena banyaknya celah yang …